Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Leaflet

Kacang Hias (Arachis pintoi)

PDFCetakEmail

Rabu, 07 Mei 2008 23:02

Arachis pintoi (Pinto peanut: Inggris; Maní forrajero: Spanyol; Thua lisong tao: Thailand) adalah jenis kacang-kacangan yang tumbuh menjalar (ground cover) di atas permukaan tanah. Pertama kali dikoleksi oleh G. C. P. Pinto pada bulan April 1954 dari lembah Jequitinhonha, São Francisco dan sepanjang sungai Tocantins di  Brazil.


download leaflet ini dalam file pdf

 


 

Sayuran Organik

PDFCetakEmail

Rabu, 07 Mei 2008 23:02

LATAR BELAKANG

Trend masyarakat dunia untuk kembali ke alam  (back to nature) telah menyebabkan permintaan produk pertanian organik di seluruh dunia tumbuh pesat sekitar 20% per tahun. Sehingga diperkirakan pada tahun 2010 pangsa pasar dunia terhadap produk pertanian organik akan mencapai U$ 100 milyar (Ditjen BPPHP Deptan, 2001).

Untuk menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara penghasil produk pangan organik yang dapat mengisi pasar dunia, Departemen Pertanian telah mencanangkan program “Go Organic 2010”.

Standar Nasional Indonesia tentang Sistem Pangan Organik telah tersusun dalam SNI 01-6729-2002 yang berisi panduan tentang cara-cara budidaya pangan organik (tanaman pangan dan ternak), pengemasan, pelabelan dan sertifikasinya.

download leaflet ini dalam file pdf


 
 

Basisdata

PDFCetakEmail

LAST_UPDATED2

Basisdata tanah pada dasarnya adalah suatu sistem penyimpanan data dengan komputer sehingga penyimpanan maupun pemanggilan data (store dan retrieve) dapat dilakukan dengan cepat, selain itu data dan informasi yang tersimpan dalam suatu basisdata tanah dapat digunakan sesuai dengan keperluan dengan menggunakan berbagai program yang ada.Data yang di simpan dalam basisdata tanah adalah data dasar, bukan data turunan atau hasil interpretasi, sehingga data tersebut dapat digunakan oleh beberapa pengguna untuk tujuan yang berbeda.Basisdata tanah di Balai Penelitian Tanah telah dirintis sejak tahun 1987, bersamaan dengan kegiatan Land Resource Evaluation and Planning Project (LREPP-I) untuk pemetaan tingkat tinjau seluruh Pulau Sumatera.

Download leaflet ini dalam file pdf


 
 

Analisis Mikroba

PDFCetakEmail

Rabu, 07 Mei 2008 23:02

Pendahuluan

 

Cara pengambilan contoh tanah untuk analisis mikroba sangat berpengaruh terhadap hasil analisis. Aspek ini sering luput dari perhatian atau terabaikan.

Berbagai jenis mikroba telah diketahui bermanfaat bagi kesuburan tanah dan tanaman seperti mikroba penambat N2, pelarut P, dan penghasil hormon pertumbuhan. Berbagai atribut mikroba juga bermanfaat sebagai indikator kualitas tanah dan kesehatan tanah (soil health).

Di dalam tanah, keadaan mikroba sangat beragam baik jumlah jenis, kepadatan populasi, maupun aktivitas fungsionalnya. Keanekaragaman ini berkaitan dengan perbedaan kandungan dan jenis bahan organik, kadar air, jenis penggunaan tanah, tingkat pengelolaan tanah, dan kandungan senyawa pencemar. Dengan pertimbangan keanekaragaman ini, metode pengambilan contoh tanah yang akurat sangat diperlukan agar waktu, tenaga, dan biaya yang dicurahkan lebih efektif dan efisien. Terlalu banyak contoh merupakan pemborosan, tetapi bila jumlah contoh tidak cukup, informasi yang diperoleh bisa tidak bermanfaat. Karena itu, pemahaman mengenai prosedur pengambilan contoh tanah menjadi aspek penting dalam mempelajari mikroba dan pemanfaatannya.

 


download leaflet ini dalam file pdf

 

 

 

 
 

Perangkat Uji Tanah Kering (PUTK)

PDFCetakEmail

Rabu, 07 Mei 2008 23:02

 

 

Perangkat Uji Tanah Kering (PUTK) adalah suatu alat untuk analisis kadar hara tanah lahan kering, yang dapat digunakan di lapangan dengan cepat, mudah, murah dan cukup akurat.  PUTK dirancang untuk mengukur kadar P, K, C-organik, pH dan kebutuhan kapur.

Prinsip kerja PUTK adalah mengukur hara  P, dan K tanah yang terdapat dalam bentuk tersedia secara semi kuantitatif. Penetapan P dan pH dengan metode kolorimetri (pewarnaan).  Hasil analisis P dan K tanah  selanjutnya digunakan sebagai dasar penentuan rekomendasi pemupukan P dan K spesifik lokasi untuk tanaman jagung, kedelai dan padi gogo


 

 

download leaflet ini dalam file pdf

 

 

 
 

JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL

Travel Turne Tranzito