Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Produk >> Perangkat Uji Tanah dan Pupuk


Perangkat Uji Tanah Sawah (PUTS)
PUTS dibu at untuk medukung (Permentan) No. 40/SR.140/04/2007 tentang Rekomendasi Pemupukan N, P dan K pada Padi Sawah Spesifik Lokasi sebag ai acuan pemupukan berimbang.
PUTS: Alat bantu analisis kadar hara tanah N,P,K, dan pH tanah sawah digunakan di lapangan dengan cepat, mudah dan murah, serta akurat.
Manfaat :
1) Mengukur status hara N, P, K, dan pH tanah sawah secara cepat dan mudah.2) Dasar penentuan dosis rekomendasi pupuk N, P, K dan amelio ran tanah sawah, dan 3) Menghemat penggunaan pupuk, meningkatkan pendapatan petani dan menekan pencemaran lingkungan.
Prinsip kerja : 1) Mengekstrak hara N, P, dan K tersedia dalam tanah. 2) Mengukur hara tersedia dengan bagan warna, dan 3) Menentukan rekomendasi pupuk padi sawah.

 


Perangkat Uji Tanah Kering (PUTK)

PUTK a dalah suatu alat untuk analisis kadar hara tanah lahan kering, yang dapat digunakan di lapangan dengan cepat, mudah, murah dan cukup akurat. PUTK dirancang untuk menguk ur kadar P, K, C-organik, pH dan kebutuhan kapur.
Prinsip kerja PUTK adalah mengukur hara P, dan K tanah yang terdapat dalam bentuk tersedia secara semi kuantitatif. Penetapan P dan pH den gan metode kolorimetri (pewarnaan). Hasil analisis P dan K tanah selanjutnya digunakan sebagai dasar penentuan rekomendasi pemupukan P dan K spesifik lokasi untuk tanaman jagung, kedelai dan padi gogo.Satu Unit Perangkat Uji Tanah Kering terdiri dari: (1) satu paket bahan kimia dan alat untuk penetapan P, K, bahan organik, pH, dan kebutuhan kapur, (2) bagan warna P dan pH tanah; bagan K, kebutuhan kapur dan C-organik tanah, (3) Buku Petunjuk Penggunaan PUTK serta Rekomendasi Pupuk untuk jagung, kedelai dan padi gogo.







Perangkat Uji Pupuk (PUP)
Banya knya pupuk anorganik yang beredar di pasaran tidak sesuai dengan label yang tertera dalam kemasan telah menimbulkan kerugian. Perangkat Uji Pupuk (PUP) dapat membantu para petani, pengawas pupuk, dan pelaku pasar untu mengetahui kualitas pupuk secara cepat.PUP: Alat penetapan kadar hara pupuk aorganik secara cepat di lapagan. Alat ini merupakan penyederhanaan secara kualitatif dari analisis pupuk di labor atorium. Manfaat: 1) Mengukur kadar hara N, P, dan K dalam pupuk anorganik secara cepat dan mudah, 2) Sebagai acuan dalam penghitungan jumlah hara N, P, dan K, 3) Untuk menghindari penggunaan pupuk yang tidak sesuai dengan kadar hara yang tercantum pada labelPrinsip Kerja:1) Mengekstrak hara N, P, dan K dalam pupuk, 2) Mengukur kadar N, P, dan K dengan bagan warna/tabel, dan 3) Menetapkan kadar hara dalam pupuk.







 


 

PUHT (Perangkat Uji Hara Tanaman Tebu) = sedang diusulkan mendapatkan merek dagang

PUHT dibuat untuk penentuan status hara dan rekomendasi pemupukan N, P, K dan S pada tanaman tebu berdasarkan tingkat kecukupan hara tanaman secara cepat di lapangan. Prinsip kerja PUHT adalah mengukur kadar dalam tanaman tebu pada hara nitrogen (N), fosfor (P) berdasarkan pewarnaan, kalium (K) dan sulfur (S) berdasarkan pembentukan endapan.

Satu paket PUHT terdiri dari : (a) satu set larutan pengekstrak/pereaksi untuk penetapan N, P, K dan S, (b) peralatan pendukung, (c) bagan warna N, P dan tabel K, S, (d) buku petunjuk penggunaan, serta (e) kemasan tas. Satu kemasan PUHT dapat digunakan untuk analisis contoh pupuk sebanyak ± 50 sampel. Jika dirawat dan ditutup dengan rapat segera setelah dipergunakan maka masa kadaluarsa bahan kimia yang ada dalam PUP ini adalah sekitar 1 tahun.

 


PUTR (Perangkat Uji Tanah Rawa) = Belum diusulkan HAKI

PUTR versi 1.0 adalah alat bantu penetapan tingkat kemasaman tanah, kebutuhan kapur dan kadar hara tanah Sulfat Masam Potensial (SMP) dengan tipe luapan A dan B secara cepat di lapangan. Alat ini merupakan penyederhanaan secara kualitatif dari analisis tanah di laboratorium.

Dalamwaktucepatdansingkatdapatdiketahuihasilnyadandapatdigunakandenganmudah,Satu kemasan PUTR dapat digunakan untuk analisis contoh tanah sebanyak ± 50 sampel. Dan dapat dilakukan isi ulang pereaksi paket PUTR yang habis.

Kegunaan PUTR adalah untuk mengukur status kemasaman tanah dan status hara N, P, K dalam waktu singkat yang dilengkapi dengan rekomendasi  kebutuhan kapur, pupuk Urea, SP-36, dan KCl untuk tanaman padi.

Travel Turne Tranzito