Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Berita Terbaru

PDFCetakEmail

Pengumuman Ulang Pelelangan Umum dengan Pascakualifikasi
Nomor: 564/PL.220/I.8.2/04/2013

Pokja ULP Pengadaan Barang dan Jasa Balai Penelitian Tanah akan melaksanakan Pelelangan Umum dengan pascakualifikasi secara elektronik untuk paket pekerjaan pengadaan barang sebagai berikut: <klik disini>

 

PDFCetakEmail

Open House BBSDLP dibuka oleh Ka. BBSDLP (Dr. Ir. Muhrizar Sarwani, M.Sc) dihadiri oleh pejabat struktutral lingkup BBSDLP, Peneliti, Dharma Wanita, beberapa UK lingkup Badan Litbang Pertanian, dan perguruan tinggi di bogor. Acara ini merupakan peresmian gedung BBSDLP dan Lingkungan Hijau Lestari. Dalam acara ini juga dilakukan kunjungan ke KRPL (Kawasan Rumah Pangan Lestari) dan Kebun Organik.

 


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
 

PDFCetakEmail

Tanggal 10-13 April 2013, kegiatan kerjasama antara Badan Litbang Pertanian dengan AFACI (Asian Food and Agriculture Cooperation Initiative)-Korsel melaksanakan pelatihan teori dan praktek di KP Taman Bogo. Acara ini dihadiri oleh Ka. Balittanah (Dr. Ir. Sri Rochayati, M.Sc), Kasi Jaslit (Ir. Joko Purnomo, M.Si), dan beberapa peneliti Balittanah serta peserta pelatihan yang berjumlah sekitar 30 orang berasal dari Kabupaten Lampung Tengah dan Lampung Timur terdiri dari 13 penyuluh pertanian, 10 ketua kelompok tani, 5 Staf BPTP Lampung, 5 Staf KP Taman Bogo. Salah satu acaranya adalah kunjungan ke KP Taman Bogo

Pada acara tersebut Balittanah membagikan juknis PUTS, leaflet pengomposan, komik pengomposan, leaflet Balittanah kepada peserta.

Selanjutnya pada 12 April 2013, KP Taman Bogo mendapat kunjungan peserta Rapat Kerja Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian (PUSTAKA) sekitar 60 orang. Salah satu tujuan kunjungan adalah melihat dari dekat pengelolaan KP Taman Bogo agar sesama instansi Badan Litbang Pertanian dapat saling mengetahui kegiatan masing-masing sesuai harapan dari Kepala Badan Litbang Pertanian.

Sebagai informasi, KP Taman Bogo mempunyai luas sekitar 20,1 ha terdiri lahan sawah 5 ha, lahan kering 9 ha, dan sisanya untuk perumahan dinas, perkantoran, jalan kebun, embung dsb. Peruntukan lahan adalah untuk sarana penelitian, show window penelitian, dan untuk kebun produksi.

 

 

 

 

 

 

 


 
 

PDFCetakEmail

“Enzim fosfatase dalam tanah  aktivitasnya sebagai parameter kesuburan tanah”… “Enzim tersebut sebagai parameter kesuburan tanah masih 10% dibandingkan dengan enzim dehidrogenase yang sudah mempunyai korelasi dengan mircobialbiomassa tanah, untuk itu perlu penelitian”…”Perlu digali penelitian yang mengarah ke kelayakan aplikasi pupuk hayati tanah”… “Enzim ini diharapkan dapat digunakan untuk mengetahui P yang dapat digunakan untuk tanaman”.  Itulah beberapa hal penting yang disampaikan oleh Khamdanah, S.Si (Peneliti Kelti Biologi dan Kesehatan Tanah) dalam presentasi yang berjudul “Enzim Fosfatase Tanah” pada seminar rutin Balittanah pada tanggal 9 April 2011.

Pada sesi kedua seminar, juga dipresentasi mengenai perkembangan "Perpustakaan Digital Balittanah" yang disampaikan oleh Sdr. Ijang Isyafudin, A.Md (Pustakawan Balittanah). Yang bersangkutan antara lain memaparkan hal-hal sebagai berikut: “Balittanah mempunyai perpustakaan baru per 1 Maret 2013”… “Perpustakaan Balittanah berusaha untuk mengejar perkembangannya dengan cara: (1) penambahan informasi untuk memenuhi kebutuhan pengguna terutama peneliti; (2) Merealisasikan standar SNI perpustakaan nasional dengan penambahan isi publikasi minimal 1000 judul dan SDM minimal 3 orang sesuai dengan pendidikan perpustakaan"... "Perpustakaan melanggan minimal 10 judul majalah yang berkaitan dengan kekhususan instansi induknya". “Selain itu juga berkoordinasi dengan UK/UPT Badan Litbang Pertanian dalam membentuk Forum Perpustakaan Khusus Pertanian, dimana Sdr. Ijang Isyafudin, A.Md sebagai ketua umum”.

 

 

 

 

 

 

 


 
 

PDFCetakEmail

Pada hari ketiga (5 April 2013) raker BBSDLP, Peneliti dan staf administrasi Balittanah beserta peserta lain  melakukan Field trip ke Balingtan tepatnya ke kebun percobaan Balingtan. Acara Field trip dipandu oleh Ka. Balingtan (Dr. Prihasto Setyanto, M.Sc) yang memberikan penjelasan mengenai penelitian di Balingtan dan di Kebun Percobaan Balingtan

Pada acara ini juga sekaligus dilangsungkan peletakan batu pertama pembangunan salah satu laboratorium Balingtan yang dilakukan oleh Ka. BBSDLP (Dr. Ir. Muhrizal Sarwani) yang diikuti berturut-turut oleh Ka. Balingtan, dan para mantan Ka. Balingtan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 


 
 

JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL

Travel Turne Tranzito